Breaking News

Contoh Surat Undangan Resmi Dan Penjelasanya Dengan Baik

Info-wahib.comContoh Surat Undangan Resmi – Mungkin kebanyakan dari kita sudah mengetahui jika surat dibagi menjadi dua jenis yaitu surat resmi dan tidak resmi. Kedua surat tersebut tentunya memiliki tujuan yang berbeda dan tidak digunakan dengan sembarangan. Sama halnya dengan surat undangan. Surat undangan juga terdiri dari dua jenis yaitu surat undangan resmi dan tidak resmi. Jika kalian ingin mengadakan sebuah acara tertentu yang bersifat formal, kalian wajib menggunakan surat undangan resmi agar terkesan lebih sopan. Lain halnya jika Anda ingin membuat acara yang bersifat terbuka, maka gunakan surat undangan tidak resmi untuk memberitahu orang-orang yang ingin diundang.

Pada kesempatan kali ini, yang akan di ulas yaitu mengenai surat undangan resmi. Nah, kira-kira apakah kalian sudah mengetahui apa itu surat undangan resmi itu? bagaimana contoh surat undangan resmi itu? jangan khawatir! Karena di dalam artikel ini akan diulas mengenai surat undangan resmi beserta contoh suratnya. Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Pengertian Surat Undangan Resmi

Surat undangan adalah surat yang dibuat dengan tujuan mengajak seseorang atau pihak tertentu untuk menghadiri suatu acara tertentu. Surat undangan terdiri dari dua jenis yaitu:

Surat undangan resmi

Surat undangan resmi adalah surat yang bertujuan untuk acara yang bersifat resmi. Biasanya surat undangan resmi ini digunakan oleh instansi, perusahaan, maupun lembaga yang akan mengadakan suatu acara formal. Pada surat undangan resmi memiliki kop surat, nomor, lampiran, dan perihal. Dalam penulisannya pun menggunakan kalimat dengan bahasa yang baku, formal, dan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Pada akhir surat undangan resmi pun  terdapat tanda tangan dan juga stempel dari sebuah lembaga yang menunjukkan bahwa surat tersebut resmi dan diketahui oleh instansi, perusahaan, maupun lembaga yang mengeluarkan surat.

Surat undangan tidak resmi

Surat undangan tidak resmi merupakan surat yang bertujuan untuk mengajak seseorang secara pribadi untuk menghadiri sebuah acara misalnya acara pernikahan, tahlilan, aqiqoh, dan sebagainya. Surat ini bersifat bebas. Dalam penulisannya pun tidak terlalu dibatasi. Akan tetapi, tetap menggunakan bahasa yang sopan dan santu dalam penulisannya. Di dalam surat undangan tidak resmi terdapat nama dan alamat dari pengirim dan penerima yang ditulis secara jelas. Kemudian, hari beserta tanggal, tempat dan waktu ditulis secara jelas.

Struktur Surat Undangan Resmi

Surat Undangan Resmi

Berikut ini struktur surat undangan resmi, diantaranya:

Kop Surat

Surat undangan resmi harus mencantumkan kop surat pada bagian atas surat. Kop surat berisikan nama instansi, perusahaan, maupun lembaga yang mengirim surat beserta alamat, nomor telepon, email, alamat website (jika ada), dan sebagainya.

Tanggal Surat

Seperti halnya surat lainnya, penulisan surat undangan resmi pun harus disertai dengan penulisan tanggal pembuatan surat agar penerima surat dapat mengetahui surat tersebut dikirim kapan

Nomor, Lampiran, dan perihal

Bagian ini hanya berlaku dalam penulisan surat undangan resmi saja. Dalam menuliskan tiga bagian tersebut tidak boleh dilakukan secara asal terutama dalam penulisan nomor surat. Hal itu dikarenakan setiap nomor surat memiliki makna sendiri.

Salam Pembuka

Bagian ini merupakan bagian awal surat sebelum masuk ke isi surat. Salam pembuka biasanya ditulis menggunakan kalimat-kalimat yang digunakan dalam dialog

Isi Surat

Seperti halnya surat lainnya, Isi surat dalam surat undangan resmi merupakan bagian terpenting dalam surat. Hal itu dikarenakan maksud dan tujuan dari surat ini dijelaskan di dalam bagian ini. Biasanya di dalam isi surat terdapat hari, tanggal, tempat dan waktu acara sebagai informasi bagi penerima surat. Bagian ini harus ditulis secara jelas, tidak berbelit-belit, dan mudah dipahami

Penutup Surat

Bagian ini merupakan bagian akhir dari surat undangan resmi. Dalam surat undangan resmi, bagian penutup surat diisi dengan kalimat-kalimat penutup dan disertai dengan tanda tangan dan stempel dari instansi, perusahaan, maupun lembaga terkait.

Contoh Surat Undangan Resmi

Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Pramuka

DEWAN AMBALAN HASANUDDIN

SMPN 3 MADIUN

Jl. Sidorenggo No 89, Madiun

Website: www.smpn3madiun.sch.id | Email: smpn3madiun@gmail.com

Madiun, 3 Oktober 2019


Nomor             : 002/012/DAH/XII/2019

Perihal            : Undangan Promosi Penggalang

Lampiran        : –

Kepada Yth.

Dewan Penggalang Hasanuddin
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb

Dengan Hormat,

Dalam rangkan Program Kerja Dewan Ambalan Hasanuddin Gugus Depan 0987-0988 SMPN 3 Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020, kami selaku panitia bermaksud akan melakukan kegiatan promosi penggalang. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kehadiran kakak pada:

Hari, Tanggal  : Sabtu, 20 Oktober 2019

Waktu             : 08.00-selesai

Tempat            : Aula SMPN 3 Madiun  

Kami sangat menunggu atas kehadiran dan partisipasi kakak. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum, Wr. Wb

Hormat Kami,

Pembina Pramuka

Ali Ahmad, S.Pd

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Kegiatan

KARANG TARUNA

DUSUN SIDOJAYA, KELURAHAN KEDUNGREJO,

KECAMATAN HINOI, TULUNGAGUNG

Tulungagung, 30 Juli 2018

Nomor             : 42/KT-19/V/ 2019

Hal                  : Undangan Rapat Kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia

Lampiran        : 1 Berkas Proposal

Kepada Yth.

Kepala Dusun Sidojaya

Di tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan dilaksanakan kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78, kami selaku panitian turut mengundang Kepala Dusun Sidojaya untuk hadir dalam rapat mempersiapakan kegiatan di hari kemerdekaan Indonesia ke-78 yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal  : Sabtu, 1 Agustus 2018

Waktu             : 19.00 -selesai

Tempat            : Balai Dusun Sidojaya

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Kami berharap Bapak/Ibi dapat hadir dalam rapat ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua Karang Taruna Dusun Sidojaya

Satrio Agrata

Contoh Surat Undangan Resmi Acara Peresmian

DIAMOND CAFE

Komplek Ruko Susun 3 Jalan Sidomulyo Blok C No 98, Sidoarjo

No.Telp: (0341) 9379279 | Email: info@diamondcafe.com

Sidoarjo, 1 Oktober 2019

Nomor             : 40/098/DMNC/V/ 2019

Hal                  : Undangan Acara Peresmian Cafe

Lampiran        : 1

Kepada Yth.

Manager PT Angkasa

Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diresmikannya cafe yang bernama “Diamond Cafe”, kami selaku management cafe bermaksud mengundang perwakilan dari PT Angkasa yang bertindak sebagai donatur untuk menghadiri acara peresmian “Diamond Cafe” yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal  : Minggu, 15 Oktober  2019

Waktu             : 10.00-selesai

Tempat            : Komplek Ruko Susun 3 Jalan Sidomulyo Blok C No 98, Sidoarjo

 (“Diamond Cafe” )

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Kami sangat menharapkan kehadiran Bapak/Ibu di acara ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Hormat Kami,

Management Diamond Cafe

Ayu Agisnia

Nah itulah ulasan artikel mengenai contoh surat undangan resmi beserta penjelasannya lengkap. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi pembaca yang ingin membuat suatu acara resmi, artikel ini dapat kalian jadikan referensi untuk menulis surat undangan resmi.

About info-wahib

Info Wahib - Sebuah blog dengan gambaran mengenai informasi yang di sekitar kita, seperti halnya apk, teknologi, viral, pendidikan dan jaminan mutu sebuah informasi yang terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *